Oh I do Love Bali. I do! I do!

Yuhuuuuu… Sebelum tahun 2013 berakhir aku mau certain acara jalan-jalanku Agustus 2013 kemaren. Hahaha apaaa… Iya tau telat banget gausah protes. Niatan ke Bali ini lumayan mendadak sih, gak ada persiapan dan rencana yang matang, mutusinnya aja kurang dari seminggu sebelum berangkat.
Semua berawal dari omongan temen yang bilang mau ke Bali tanggal 17 Agustus. Karena biasa jalan-jalan spontan aku ngerengek minta nebeng mobilnya. Hahaha gak tau diri banget ya. Tapi aku share uang bbm lho. Nah berhubung waktu yang bakal dihabiskan di Pulau Dewata dikit banget, dan jatah cuti saya sudah habis. *terakhir dipake buat apa ya* Jadi rombongan kita berangkat 16 Agustus malem dari Pandaan. Sepanjang perjalanan yang lain melek aku bobok dong, pas bangun tau tau udah di Pelabuhan Ketapang. hahaha. Kami berlabuh di Gilimanuk Bali tanggal 17 Agustus pas subuh. Yaay Happy Independent Day!

Dari Gilimanuk ke Denpasar ternyata lama, sekitar 3 jam lah ya. Oiya sampe di Bali Aku diturunin di Poppies II *yang di depan pantai* tepat pada pukul 10:00 WIB sementara temenku menginap di hotel mahal. Jahaaaat. Hahaha nggak deng. Karenan tujuan kita beda jadi ya kebersamaan harus berakhir di gang Poppies II. Perlahan tapi pasti aku menyusuri jalanan Poppies berusaha menemukan yang namanya Losmen Arthawan. Tau nggak, ternyata jalannya bakalan lebih deket kalo aku masuk lewat depan monument bom bali. Oiya, Losmen Arthawan ini konon katanya merupakan yang termurah di daerah sini nih dan sepreinya juga terkenal buluk. Setelah masuk kamar… memang benar adanya, kamar mandinya pun gak ada kuncinya, dan nggak ada gantungan buat bajuuuuu. Sedih meeeen. Gapapa deh yang penting murah.

Setelah mandi, aku dan grup hematku beli makan siang nasi bungkusan yang cuman Rp.4000 itu lho. Abisnya masi bingung mau makan apa. Berbekal itinerary hasil googling, GPS, dan motor sewaan dari Losmen kami menjelajah Bali!

Tujuan pertama sih niatnya mau Parasailing di Tanjung Benoa, berhubung kesiangan air lautnya surut ditunda besok. Kita langsung capcus ke Pantai Padang Padang. Petunjuk arah di Bali nggak jelas banget jadi plis aku mohon kalo jalan-jalannya nggak sama orang yang paham bener sama lokasi di Bali pakailah Peta atau GPS. Yap, dengan modal GPS dan bensin *bensin di bali wadahnya botol miras gede gede* sampailah di Pantai Padang Padang. Masuk gratis, Cuma bayat parker Rp. 2000.

Ya kayak yang banyak direview orang, masuknya lewat celah di antara batu gede. Seru gitu deh masuk gua, tapi kok banyak banget orang ya. Begitu keluar, orangnya kok tambah banyak ya. Sumfah ya, ni pantai bagaikan lautan manusia. Susah banget nemu spot yang damai. Padahal niatnya pengen ke somewhere zen. Anehnya lagi, aku jadi pusat perhatian bule-bule disana. Awalnya agak GR juga, kirain soalnya aku cantik, tapi setelah nanya sama mitra perjalananku *hehehe*

“ya jelas aja kamu diliatin, disini yang jilbapan cuman kamu doang”

Abis menyusuri pantai yang garisnya nggak terlalu panjang, foto-foto, ngobrol, makan bekal, dan ngerasai sesama wisatawan kamipun capcus untuk pindah ke tujuan selanjutnya. Oiya, daritadi perasaan aku ngehina mulu ya. Pantai Padang Padang ini bagus banget kalo menurut aku, pasirnya halus, airnya bening, biru, crystal clear dah, trus kalo jalan ke kanan banyak karang karang lucuk. Pantes aja dijadiin salah satu lokasi syuting Eat, Pray, Love. Coba pantai ini lebih sepi dan hawanya nggak sepanas waktu itu pasti aku bakal lama banget disananya.

Masuknya lewat sini

Narsis sejenak

Tujuan kami selanjutnya adalah… Jimbaran. Agak jauh sih dari Padang Padang, tapi bagi traveler sejati jarak bukan masalah, asal stamina oke *kan udah bobok sepanjang perjalanan* Di Jimbaran Parkirnya Gratis. Keren kan. Tapi pantainya kok sepi ya, cuman ada masyarakat yang lagi lomba 17-an. Eh tapi garis pantainya panjang, jadi kami mutusin buat ngukur panjangnya aja yang ternyata panjang banget. Walhasil kita jadi sering ndeprok di pasir kalo kecapekan. Di pinggiran pantai banyak kursi malas entah punya hotel atau restoran yang ada di sana, kalo malem keren bok lampunya. Akhirnya tibalah kita di area yang banyak set up-an ala outdoor café. Mungkinkah ini tempat kuliner Jimbaran yang dimaksud Atal sama Usi? Yak benar. Abis baca menu yang ada di setiap café, kita milih paket ikan bakar, udang, sama lobster, plus minumnya pineapple juice, dapet kacang goreng juga lho. Per orang abis Rp.150.000 belum termasuk ppn. Duduklah kita di salah satu meja yang agak di depan biar bisa liat sunset dengan jelas. Makanannya udah dateng sebelum sunset, berhubung lagi kelaparan ya sikat aja. Padahal yang laen nggak ada yg makan.

Jimbaran

Menu kita

The best moment pada hari itu adalah sunset, sunset di Jimbaran. Semua orang yang berisik itu mendadak pada diem mengagumi matahari yang perlahan tenggelam. Cantik. Bakalan inget deh seumur hidup kalo pernah dinner romantis di sana. Sunset, lilinnya, your mate, lobsternya, kacangnya, hmmm…

Pulangnya kita menyusuri pantai Jimbaran yang panjang *lagi*. Ternyata di perhentian pertama tadi udah nggak ada lomba 17-an, ada juga café-café pinggir pantai yang set-upnya mirip di tempat kita makan *tapi mejanya bagusan di tempatku* bedanya ada live music lagu latin.

Malemnya kita jalan-jalan di sekitar Kuta sekalian mau ketemuan sama temen-temen seperjalanan di monument bom Bali tapi nggak jadi soalnya ngantuk berat. Balik ke losmen deh. Kalo malem jalanan di sekitar Kuta jadi makin rame, banyak bar yang mulai buka, mulai dari yang biasa aja sampe yang agak aneh *pintunya dijaga 2 mas-mas kekar bertelanjang dada tapi pake dasi. Hiiiiiyyy..*

Hari Kedua

Bangun pagi, lalu mandi, lalu dapet sarapan dari losmen, lalu ke Tanjung Benoa buat Parasailing. Aku dapet tarif murah, Cuma Rp.80.000 aja buat maen 15 menit, tapi kayaknya gak selama itu deh. Oiya bookingnya lewat Baliburan, aku lupa nggak nyimpen linknya, tapi daripada yang laen, booking watersport  disini termasuk murah. *hasil ngubek berbagai forum*

Abis turun dari langit *parasailing* kita ditawari maen yang laen, tapi berhubung budget terbatas terpaksa hengkang dari sana. Oiya disepanjang jalanan nusadua ada resort yang paling aku suka, namanya Shakala, one day aku pengen stay a day or two disana.

Dari Tanjung Benoa kita masuk komplek Nusa Dua lagi, mau ke Water Blow. Nyari tempatnya gampang-gampang susah soalnya agak tersembunyi apalagi ada area yang direnovasi. Sampe di Water Blow agak nggak yakin dih soalnya papan nama “WATER BLOW” yang kayak aku lihat di internet itu udah nggak ada tulisannya dan di kiri kanan banyak tanaman yang sudah meranggas. Tapi cuek aja ah, maju terus.

Tadaaaa… sampelah kita, pager bembatasnya rusak, stage yang dari kayu udah gak layak, ahyak. Oke tidak masalah meskipun aku nggak bisa nunggu waternya nge-blow di jembatan yang udah rusak itu *moga aja sekarang udah dibaikin* Kita muas muasin liat pemandangan disana, kalo nengok ke kanan ada pantai yang asoy banget, kalo nengok ke kiri ada karang-karang yang tajem banget. Waktu itu pengunjungnya lagi nggak terlalu banyak jadi bisa puas foto-foto. Eh, ada juga yang mancing lho. Setelah beberapa saat…

“BLLUUUAAAAAARRRRR!!!!”
Waternya Nge-Blow!!!!!
Tinggi Banget!!!
Keren!!!
Tempat ini cocok banget buat bunuh diri

Puas ngeliatin water yang nge-blow, kita lanjut ke Pantai Pandawa. Pantainya tersembunyi dibalik batu kapur raksasa. Once again, nyari jalannya juga gammpang-gampang susah. Di jalan masuknya terpahat patung Pandawa lima sama Ibu Peri *maaf lupa namanya*. Keren. Pahatannya itu tebing lho ya, tebing dipahat. Keren! Trus pantainya dibawah gitu, trus banyak orang paralayang gitu, ah indah. Tapi begitu sampe di pantainya panas. Masuknya gratis, Cuma bayar parkir aja. Di Pandawa kita *seperti biasa* menyusuri pantai sampe batas pemukiman warga. Ada tangga batu gitu buat naek ke desa, trus penduduk sana membudidayakan rumput laut.

Selanjutnya kita tancap gas ke Pura Uluwatu, hawa di sepanjang jalan kesana lebih adem. Syenaaaang. Sampai di Uluwatu kita dikenakan biaya masuk perorang Rp.12.000 *kayaknya* belum termasuk ongkos parkir. Sebelum masuk kita wajib mengikatkan selendang *aku pake warna ungu* di pinggang. Pura Uluwatu ini nggak sekedar pura aja, rupanya tempat ini adalah kerajaan monyet, dan monyetnya nakal. Berhati-hatilah terhadap barang bawaan anda karena tangan mereka sangat lihai mencopet. Topi aku hampir aja diambil.

Pemandangan di Uluwatu ini keren banget. Kalo kata Jebraw, “PECAH!” Sempet diem sambil senyum- senyum sendiri saking kagumnya. Trus kalo malem katanya ada pertunjukan tari kecak, tapi berhubung besok udah kudu balik ke Malang dan perjalanan ke losmen cukup jauh, gak liat deh.
Tadinya sih kita buru-buru balik, mau liat sunset di Kuta, tapi udah capek, tidur aja deh. Ke Bali tapi nggak ke Kuta, yah lain kali deh. Malemnya kita jalan jalan lagi dan cari makan di sekitar Kuta.

Hari Ketiga

Check Out, Ngelunasi kamar sama sewa motor, naek taksi blue bird ke terminal Ubung Rp.lupa (pake argo pokoknya). Abis itu naik bis dan kena mahal Rp. 200.000/orang. Pesan aja buat yang mau pake transportasi umum di Bali, calonya parah. Kalo bisa udah punya tiket dari agen resmi, lebih ,murah. Sayang aku udah kehabisan kursi travel dan mau pesen tiket bus gak pas sama jadwalku, jadi nggak papa lah.  Busnya berangkat agak siang dari Ubung *nunggu penuh* dan ternyata ini bus ke Surabaya, kami di oper di Apolo pake Restu Panda. Uuuh syebel. Kami sampe di Malang Jam 23:00 WIB. Ambil motor di parkiran, pulang trus bobok. Besok pagi ngantor. Maap ya nggak ada oleh-oleh, nggak sempet belanja.